Arsitek Yogyakarta

shares

rumah joglo minimalis
Joglo pada arsitektur Hyatt Hotel

ARSITEK YOGYAKARTA
Arsitek Yogyakarta dan Desain Rumah bertemakan adat jawa atau JOGLO, judul ini kami buat untuk menyegarkan kembali tentang betapa berharganya kekayaan arsitektur yang sudah kita miliki, harapanya para Arsitek atau orang yang ingin membangun rumah nantinya bisa memunculkan sesuatu yang khas dan tidak hanya meniru budaya dari luar.

kenapa saya menyebut Arsitek Yogyakarta pada sub tema tulisan ini sebenarnya sangat sederhana yaitu karena Yogyakarta adalah merupakan salah satu pusat kebudayaan jawa yang masih lestari sampai saat ini, dan jika mau bicara pakem arsitektur joglo yang paling sempurna tentunya adalah dengan merujuk kepada arsitektur bangunan keraton Jogja.

Rumah Joglo secara arsitektur sebenarnya sudah mengalami uji coba selama berabad-abad tentang bagaimana kenyamanan dari konsep arsitektur ini dihubungkan dengan keadaan cuaca dan iklim di Indonesia, dimana terbukti bahwa desain rumah joglo sangat nyaman ketika menghadapi musim hujan yang kalau kita boleh membandingkan dengan Desain Rumah Minimalis joglo relatif tidak tampias, sedangkan pada musim panas desain arsitektur rumah joglo juga relatif dingin karena adanya proporsi antara atap tinggi dan rendah yang menyebabkan aliran udara lebih baik. hal ini yang menyebabkan kenapa kami sebagai praktisi Arsitek di Jogja sering sekali memasukan tema adat dalam beberapa desain rumah yang kami buat. 

Arsitek di Jogja atau Yogyakarta ada baiknya memberikan sedikit sentuhan Arsitektur jawa agar kesan kedaerahan atau ciri khas dari daerah tetap muncul. Coba deh bayangkan jika kita datang ke satu kota dimana yang kita dapatkan adalah arsitektur yang sama atau mungkin terlihat umum karena disemua kota memiliki arsitektur tersebut.. jadi gak serukan.. :D

rumah joglo minimalis
Joglo Pendopo Hyatt Yogyakarta
Memang cukup berat untuk melawan trend arsitektur yang berkembang saat ini Rumah dan Gedung berstyle minimalis modern berkembang seperti jamur tumbuh dimana-mana, sampai- sampai kadang di beberapa kota yang kami kunjungi telah menghilangkan ke khas-an Arsitektur bangunan setempat. untungnya karena jogja merupakan kota budaya arsitektur pun merupakan persyaratan dalam mendirikan ijin bangunan terutama untuk daerah cagar budaya yogykarta, sehingga sebagian besar lokasi dijogja masih lestari hal ini juga didukung oleh arsitek-arsitek yang turut berkomitmen dalam membuat desain rumah dengan memasukan tema-tema lokal.

Jasa Arsitek di Yogyakarta harus mengikuti peraturan dari pemerintah kota Yogyakarta dalam membuat desain rumah atau bangunan, dalam rangka mendukung jogja sebagai kota budaya, banyak kita temukan arsitektur bangunan hotel atau bangunan umum lainya yang menggunakan style Minimalis Modern tetapi masih memasukan unsur ukiran jawa atau bahkan memakai atap berundak ciri khas rumah jawa atau joglo.



Secara Arsitektur rumah joglo seperti yang telah kami jelaskan diatas tadi memiliki proporsi dan kenyamanan yang sangat baik, mari kita tinjau dari sisi lain arsitektur rumah joglo atau desain rumah atau bangunan yang menggunakan arsitektur etnic (joglo) menurut kami lebih long lasting artinya pesonanya tidak hanya sekejap dan tidak termakan zaman, ini berbeda sekali dengan gaya rumah atau bangunan lain yang terkadang belum berumur tetapi sudah tidak terlihat trendy.

mungkin ini saja tulisan kami untuk hari ini untuk lebih detil tentang arsitektur joglo kami akan tulis lagi dan anda dapat mengaksesnya DISINI










Related Posts