Mengenal Cara Kerja Jasa Kontraktor Bangunan Rumah

Membangun sebuah rumah memang tidaklah mudah sebab ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari budget, material hingga tenaga kerja bangunan harus dipersiapkan jauh-jauh hari dan dengan sebaik mungkin supaya bisa menghasilkan bangunan rumah yang berkualitas dan sesuai keinginan. 

Jika anda ingin lebih mudah dan praktis saat membangun sebuah hunina maka silakan saja menggunakan jasa kontraktor bangunan. Untuk saat ini di berbagai wilayah di Indonesia sudah banyak bermunculan jasa kontraktor bangunan murah berbagai jenis bangunan termasuk salah satunya rumah.

Meskipun saat ini sudah banyak terdapat jasa kontraktor bangunan murah namun tidak semua klien atau pemilik bangunan benar-benar paham mengenai cara kerja kontraktor tersebut. Jika anda ingin menggunakan jasa kontraktor sebaiknya ketahui cara kerjanya sehingga memudahkan anda saat akan merencanakan pembangunan rumah dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. 

JASA KONTRAKTOR BANGUN RUMAH


Perlu anda ketahui bahwa jasa kontraktor bangunan terpercaya biasanya menawarkan 3 macam cara kerja pelaksanaan pembangunan untuk para klien. Dimana 3 macam cara kerja tersebut antara lain borong penuh, borong sebagian serta cost and fee atau sering dikenal dengan istilah tusi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara kerja jasa kontraktor bangunan rumah yang bisa menambah wawasan anda.

1.    Borong Penuh
Cara kerja jasa kontraktor bangunan yang pertama yaitu dengan sistem borong penuh. Dimana untuk sistem borong penuh ini semua pekerjaan akan dihitung secara lumpsum, untuk total keseluruhan dengan harga tetap. Misalnya saja untuk pembangunan rumah sejak awal sampai selesai dibutuhkan dana sebesar 200 juta rupiah. Jika harga, termin pembayaran dan lama waktu pengerjaan sudah disepakati oleh dua belah pihak maka pekerjaan tersebut bisa segera dilaksanakan. 

Untuk sistem ini, pihak jasa kontraktor akan diberikan kuasa penuh dalam mengatur arus kas serta pembelanjaan. Termasuk pula kuasa untuk mengolah teknis pelaksanaan pembangunan di lapangan. Sistem borong penuh biasanya digunakan saat pembangunan sebuah rumah membutuhkan kecepatan serta anggaran terbatas. Sedangkan untuk kekurangan sistem ini, kualitas hasil bangunannya kurang karena proses pengerjaan yang dikejar oleh target waktu.

2.    Borong Sebagian
Sistem cara kerja jasa kontraktor bangunan untuk borong sebagian berada diantara borong penuh dan tusi. Dalam sistem ini, item pekerjaan yang diborong tidaklah semuanya namun hanya beberapa item saja selama sudah disepakati oleh dua belah pihak. 

Sedangkan untuk sisanya akan dikerjakan dengan sistem cost and fee. Untuk pekerjaan dalam kategori struktur yang dikerjaan borong sebagian yaitu pondasi, kolom, balok hingga acian dinding. 

Sedangkan untuk penyelesaiannya menggunakan sistem cost fee milsanya untuk sanitari, penutupan lantai, kusen, cat dan lain-lain. Klien bebas memilih namun harganya sudah ditentukan oleh pihak jasa kontraktor bangunan rumah. Sistem ini bisa dipilih untuk anda yang memiliki budget nanggung, upah tenaga kerja dihitung harian dan kualitas pekerjaan lebih rapi dan berkualitas.

3.    Cost anda Fee atau Tusi
Jika anda menginginkan hasil yang berkualitas maka silakan pilih sistem cost and fee saja. Dalam sistem ini, klien bisa belanja sendiri kebutuhan material bangunan namun bisa juga menyerahkannya pada pihak kontraktor. 

Namun untuk bukti belanja harus diserahkan pada klien. Sistem yang satu ini termasuk sistem terbuka karena segala pembiayaan akan dilaporkan kepada klien sehingga kualitas material akan lebih terjamin. Tentunya sistem ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit sebab lebih terfokus pada hasil yang rapi meskipun waktunya lebih lama dibandingkan sistem borong.


Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja jasa kontraktor bangunan rumah yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas kini anda bisa memperoleh informasi mengenai cara kerja jasa kontraktor bangunan sehingga memudahkan anda saat ingin menggunakan jasa tersebut. Pastinya anda tak perlu khawatir untuk menyesuaikan budget dengan layanan yang diberikan oleh pihak jasa kontraktor sehingga anda bisa memperoleh hasil bangunan yang memuaskan. 

Related Posts