Harga Jasa Arsitek

Harga Jasa Arsitek

Harga untuk jasa arsitek sering sekali hal tersebut menjadi pertanyaan bagi seseorang yang sedang akan membangun atau pun merenovasi rumah atau bangunan lainnya.

harga jasa arsitek di jogja
Contoh Desain Arsitektural Rumah Tinggal

Beberapa orang berpikir bahwa jasa arsitek pasti mahal, sebenarnya kalau kita uraiakan secara detil dan jika anda mengetahuinya maka mungkin pikiran tersebut sangatlah bertolak belakang, Kenapa??
Berikut penjelasannya..

Arsitek Sebagai Tenaga Ahli Desain

Arsitek sesuai keilmuanya memiliki skill dan pengetahuan yang khusus dalam membuat desain rumah dan bangunan, secara tidak langsung dengan kemampuanya tersebut seorang arsitek akan lebih bisa membuat desain sesuai keinginan dan dana yang dimiliki oleh anda.

Beberapa orang yang sebenarnya memiliki uang lebih, dan menginginkan sebuah rumah yang nyaman, terlihat mewah dan lain sebagainya, akan sangat disayangkan jika tidak menggunakan jasa arsitek sebagai tahapan awal proses pembangunan agar bisa mewujudkan keinginanya tadi.

Perlu dicatat bahwa desain rumah atau bangunan yang unik belum tentu nyaman untuk di tinggali.

BACA JUGA : 

 Arsitek Sebagai Perencana Anggaran


Arsitek membantu setiap klienya untuk menjaga agar sebuah desain tidak melampaui kemampuan ataupun batasan dana yang dimiliki, dengan menggunakan jasa arsitek anda akan lebih terkontrol sejak awal ketika akan membangun sehingga tidak akan ada cerita kalau pembangunan macet gara gara duitnya habis.

Pada beberapa orang yang memiliki dana sangat terbatas arsitek bahkan akan membantu memilikir kan agar bagaimana uang yang terbatas tadi bisa mencukupi keinginan pemiliknya, mungkin dengan rekayasa penggunaan bahan material ataupun teknik rumah tumbuh dan lain sebagainya.

Jadi buat apa anda berpikir terlalu keras, padahal tidak memiliki pengalaman dan keilmuan bangunan padahal dengan memilih salah satu jasa arsitek semua itu dapat terselesaikan.

Arsitek Sebagai Penjamin Keamanan Bangunan

Walaupun sebenarnya arsitek tidak diberikan kapasitas untuk menentukan desain struktur sebuah bangunan, tetapi biasanya setiap arsitek memiliki konstruktor atau pun structure engineer dalam membantu tugasnya ketika membuat sebuah desain.

Jadi bangunan anda akan memiliki faktor keamanan lebih karena secara desain dibuat oleh ahli bangunan untuk perhitungan strukturnya, yang tentunya hal ini berbeda sekali jika anda hanya mempercayakan kepada "tukang" saja yang hanya bisa mengira ngira tanpa perhitungan pasti.

Itulah 3 hal alasan utama kenapa menggunakan jasa arsitek lebih menguntungkan.

Masih banyak alasan yang sebenarnya kenapa peran arsitek sangat penting ketika kita akan membangun ataupun merenovasi rumah atau bangunan lainya.

Harga Jasa Arsitek Murah di Jogja
Desain Rumah Tampak Depan, Pendetailan Tampak Rumah Oleh Arsitek

Kembali ke bahasan tentang Harga Jasa Arsitek,

Kami sebagai salah satu pelaku bisnis arsitektur dan kontraktor di jogja, telah membangun dan membuat desain berbagai macam bangunan di seluruh wilayah Indonesia. Dimana sesuai pengamatan kami ada banyak harga dan patokan yang di ambil dalam penentuan harga tersebut.

Berikut dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang harga jasa arsitek yang berlaku di Indonesia :


  • Kontrak Persentase : untuk jasa arsitek yang menggunakan konsep ini biasanya diambil antara 2% samapai dengan 4% dari total Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB) , jadi misal anda meminta arsitek untuk merencana kan bangunan sebesar 100 juta  maka biaya jasa arsitek atau konsultan perencana adalah 2 jt s/d 4jt.

  • Kontrak Per M2 : Jasa arsitek yang mematok dengan perhitungan luas bangunan yang didesainnya, biaya jasa arsitek akan dihitung sesuai desain rumah dan bangunan yang di rancangnya, biasanya ada perhitungan khusus atau patokan untuk harga per meter persegi, contohnya 50rb/m2.. jadi kalau seandainya anda meminta dibuatkan desain bangunan atau rumah tinggal seluas 100 meter persegi  maka harga jasa arsitek yang harus anda bayar adalah Rp. 50.000 x 100m2 maka anda akan diharuskan membayar sebesar Rp.5.000.000,- 

  • Kontrak Lumpsump : harga jasa arsitek ini dihitung sebagai angka bulat/ tetap, misal ada perusahaan arsitektur atau konsultan mematok untuk bangunan dibawah 200 m2 maka akan dikenakan biaya Rp.7.000.000,- maka berapapun luas bangunan yang anda minta maka biayanya akan tetap seperti disebutkan diatas.


Nah...
Dari Penjelasan di atas sudah sangat jelas yaa..
So.. Jangan pernah ragu untuk bekerja sama dengan arsitek atau perencana profesional jika anda sedang ingin membangun ataupun merenovasi rumah dan bangunan.

Buat anda yang ingin memakai jasa kami baik untuk desain bangunan (perencanaan) atau pun untuk Pelaksanaan (Jasa Kontraktor) bisa hubungi kami pada kontak yang tersedia di web ini.

 


Related Posts